Cara Alami Menghilangkan Ketombe

Cara Alami Menghilangkan Ketombe - Ketombe adalah masalah rambut yang sering dialami oleh pria maupun wanita. Ketombe membuat rambut terlihat kotor dan juga lepek. Ketombe adalah sel kulit kepala yang mati kemudian mengelupas yang disebabkan oleh berkurangnya folikel pada rambut.

Cara Alami Menghilangkan Ketombe
Penyebab munculnya ketombe berbeda pada setiap orang. Tidak cocok dengan produk perawatan rambut tertentu seperti sampo bisa jadi penyebab munculnya ketombe. Atau bisa juga karena dipicu oleh faktor eksternal seperti debu yang menempel pada kulit kepala sampai rambut yang berminyak bisa menjadi penyebab timbulnya ketombe. Ketombe sendiri sebenarnya merupakan pengelupasan kulit kepala yang berlebihan, untuk itu hindari terlalu sering menggaruk kulit kepala jika memang anda berketombe, yang juga biasanya akan menimbulkan gatal pada kulit kepala. Jika digaruk secara berlebihan dapat menyebabkan luka atau bahkan infeksi.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Untuk mengatasi ketombe pada rambut anda beberikut kami berikan beberapa tips sederhana untuk menghilangkan ketombe yang bisa anda lakukan dengan mudah di rumah.

Cuka
Cuka bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Caranya adalah dengan membilas rambut menggunakan cuka. cuka akan menghilangkan sel kulit mati yang menjadi penyabab ketombe. Selain itu cuka juga tidak akan menyubat pori-pori pada kulit kepala, yang sekaligus berfungsi sebagai pembunuh jamur yang ada di kulit kepala. Begini cara membuat ramuannya ambil setengah cangkir air hangat kemudian campurkan dengan setengah cangkir cuka apel. Lalu gunakakanlah ramuan cuka tadi untuk pengganti sampo saat anda keramas.

Baking Soda
Baking soda adalah bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kue atau roti. Tetapi baking soda juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menghilangkan ketombe. Baking soda bisa menghaluskan kulit kepala. Seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa penyebab ketombe adalah karena mengelupasnya kulit kepala secara berlebihan. Selain itu baking soda juga mampu mematikan jamur atau bakteri di kulit kepala. Caranya, masukan satu sendok baking soda kedalam satu gelas air. Kemudian siramkan secara perlahan ke kepala anda lalu pijat dengan lembut. Bilas menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan cara ini secara rutin dua minggu sekali.

Tanaman Lidah Buaya
Lidah buaya sangat efektif untuk menghilangkan ketombe. Kandungan yang terdapat didalam lidah buaya dapat menghambat proses pengelupasan kulit kepala. Caranya ambil satu batang lidah buaya, kemudan belah menjadi dua bagian lalu ambil gel nya. Haluskan kemudian usapkan ke seluruh kulit kepala secara merata. Diamkan beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

Garam
Garam merupakan bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe, cara mendapatkannya pun mudah karena hampir di semua rumah pasti ada garam, iya kan. Ambil garam secukupnya lebih baik dihaluskan terlebih dahulu, gunakan garam sebagai scrub  pada kepala anda. ratakan sambil pijat secara pelahan. Kemudian biarkan bebrapa menit sampai kristal garam mereka dengan baik pada kulit kepala. Selanjutnya bilas dengan menggunakan air bersih.

0 komentar

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silakan berkomentar sesuai dengan topik. Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi oleh admin, jadi mohon maaf apabila ada komentar yang tidak bisa ditampikan karena menlanggar ketentuan blog ini.