9 Bahaya Mengkonsumsi Makan Manis

KKDD - Kalau anda memiliki kebiasaan sering mengkonsumsi permen, mungkin anda harus mempertimbangkannya kembali. Karena selain dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi, kebiasaan ini juga dapat mempengaruhi kesehatan anda secara keseluruhan. Hal ini karena menurut penelitian gula dapat menjadi racun bagi tubuh kita dan bahkan dampaknya lebih buruk dibandingkan dengan garam. Tentu bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi gula karena gula juga merupakan bahan bakar untuk otak dan juga sumber energi untuk tubuh kita. Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan tentu akan memberi efek negatif pada tubuh kita.

9 Bahaya Mengkonsumsi Makan Manis
Berikut adalah 9 dampak buruk yang bisa timbul akibat terlalu banyk mengkonsumsi permen:

1.Merusak Kesehatan Gigi.
Normalnya ketika anda makan anda akan mengunyah makan sebelum akhirnya menelannya. Tetapi tidak demikian ketika anda mengkonsumsi permen, anda akan menghisap pemen sampai pemennya habis. Hal ini menyebakan gigi anda berada dalam kondisi di penuhi cariran gula dari permen yang anda makan. Dan ini menjadi tempat yang baik untuk bakteri berkembang biak dalam mulut ada. Bakteri ini akan menyebakan berbagai masalah gigi, seperti, rusaknya email gigi, penyakit gusi dan masalah gigi berlubang.

2.Membuat Kadar Gula Darah Anda Menjadi Tidak Stabil.
Menngkonsumsi permen dapat menigkatkan kadar gula darah anda dan kembali turun setelahnya. Fluktuasi kadar gula darah dapat menyebabkan kecemasan, perubahan suasana hati, kelelahan, sakit kepala, dan ingin mengkonsumsi lebih banyak gula lagi.

3.Melemahakan Daya Tahan Tubuh.
 Organisme seperti bakteri dan ragi berkembang pada gula, Sehingga mengkonsumi pemen terlalu banyak dapat menebakkan berkembang biaknya bakteri dalam jumlah yang tidak seimbang. Dan ini menyebabkan anda jadi mudah jatuh sakit.

4.Membuat Kegemukan.
Ketika anda makan makanan manis seperti pemen rasanya sulit jika hanya makan satu ya, kan?
Kecil kemungkinan anda mengingat berapa banyak yang anda makan. Anda akan mulai memakan satu kemudian dua lalu beberapa sampai anda menyadari anda sudah makan semuanya. Permen tidak memiliki kalori untuk dicerna mengunakan mineral tubuh anda selama proses pencernaan. Mereka tidak memiliki protein, lemak baik, vitamin, mineral maupun enzim.

5.Bikin Kecanduan.
Tidak seperti makan alami, mengkonsumsi gula memicu pelebasan sejumlah besar dopamin. yang menybabkan kecanduan.


6.Berbahaya Bagi Jantung.
Gula mempengaruhi sistem pemompaan jantung, meningkatkan resiko obesitas, meningkatkan kadar trigliserida Anda, kolesterol jahat (LDL), glukosa darah dan kadar insulin, dan meningkatkan kemungkinan resiko gagal jantung.

7.Menyebabkan Penuaan Dini. 
Mengkonsumsi terlalu banyak gula bisa menyebabkan penuaan dini pada sel dalam tubuh anda, membuat kulit anda keriput dan kendur.

8 Berbahaya Bagi Liver/Hati.
Sebelum gula masuk kedalam aliran darah anda, terlebih dahulu gula akan melalui liver, dan dikelompokannya oleh liver. Jika anda makan terlalu banyak gula, maka liver anda akan bekerja lembur untuk bekerja dan mengubah gula menjadi lemak. Dan seiring waktu akan ada beberap partikel lemak yang tertimbun didalam liver dan ini akan membuat liver anda bermasalah.

9.Berbahaya Bagi Otak Anda. 
Penelitian menunjukkan hubungan langsung antara konsumsi gula dan penurunan kognitif, untuk itu aturlah konsumsi makan manis anda jika anda tidak ingin terkena Alzheimer!

Jangan Lewatkan: Mengenal Apa Penyakit Alzheimer itu 

0 komentar

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silakan berkomentar sesuai dengan topik. Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi oleh admin, jadi mohon maaf apabila ada komentar yang tidak bisa ditampikan karena menlanggar ketentuan blog ini.