9 Fakta Menarik Otak Manusia

KKDD - Otak adalah organ yang paling misterius dalam tubuh kita. Mungkin masih banyak hal yang belum bisa para ahli jelaskan tentang otak manusia. Seperti kita ketahui otak mengatur banyak hal dalam tubuh kita, mengatur panca indera perasaan dan juga mengatu gerakan tubuh kita. Tetapi mungkin ada beberpa fakta yang anda dan saya belum pernah tahu ataupun mendengarnya. Untuk itu mari kita simak 9 Fakta Menarik Otak Manusia.

9 Fakta Menarik Otak Manusia
thethinkingbusiness
1.Tidak Merasakan Sakit
Otak tidak memiliki reseptor untuk merasakan sakit. Sehingga hal ini memungkinkan dokter  untuk melakukan operasi pada otak tanpa menggunakan obat bius. Karena otak tidak memiliki reseptor maka pasien tidak akan mengalami sakit ketika otaknya sedang di operasi walaupun dalam keadaan sadar.

2.Otak Einstein disimpan
Setelah kematiannya pada tahun 1955, kemudian otaknya diambil untuk diteliti. Dan ketika suatu hari otak Einstein menghilang semua orang berfikir mungkin tidak akan perna ditemukan kembali. Tetapi kemudian setelah beberapa dekade otak Einstein ditemukan kembali, yang kemudian di simpan menjadi 240 bagian. Duh, kasihan sekali Einstein ini, mungkin kalau dia tahu dia akan menangis melihat otaknya di potong-potong.

3.Memiliki Pembuluh Darah yang Panjang
Otak memiliki ribuan mil pembuluh darah yang jika dibentangkan bisa panjangnya bisa mampu untuk menglilingi bumi hingga empat kali. Bukan hanya itu, otak memiliki milyaran syaraf tapi itu hanya 2% saja dari total semua syaraf yang ada di tubuh kita. Otak juga mengkonsumsi sebanyak 20% oksigen dari total asupan oksigen tubuh kita.

4.Ukuran otak pria dan Wanita Berberda
Otak pria memiliki ukuran 10% lebih besar dari wanita. Meskipun wanita memiliki ukuran otak yang lebih kecil tetapi wanita memiliki jumlah sel syaraf yang lebih banyak yang membuatnya lebih baik dari pria.

5.Otak Bekerja Lebih Aktif Saat Tidur
Fakta yang bisa anda gunakan sebagai alasan kepada bos ketika anda tertidur di tempat kerja, tentunya jika bos anda setuju dengan fakta ini. Kalau tidak, maka siapkan alasan lain agar anda tetap selamat :-D

6.Ukuran Otak dan Kepintaran
Sebuah fakta yang masih menjadi perdebatan di kalangan peneliti. Beberapa peneliti menyatakan bahwa ukuran otak tidak berpengaruh pada kepintaran seseorang. Hal ini bukannya tanpa alasan mengingat Albert Einstein memiliki otak yang relatif lebih kecil dari ukuran rata-rata. Tapi beberapa tetap menganggap ukuran menentunkan. Kalau menurut anda bagaimana?

7.Menghasilkan Energi Listrik
Saat kita terjaga, otak kita akan menghasikan energi listrik yang cukup untuk menyalakan lampu dengan daya rendah. Seperti kita ketahui otak memiliki sekitar 90 milyar sel neuron. Setiap saat otak kita tidak pernah behenti bekerja, dan sebuah neuron dapat meneghasilkan listrik dengan ukuran kecil, sehingga ketika seluruh neuron bekerja maka listrik yang dihasilkan akan mampu untuk menyalakan bola lampu. Pertanyaannya saat anda ingin menyalakan bola lampu dengan otak anda pasang kabelnya dari mana???

8.Struktur Berubah Saat Belajar Hal Baru
Saat kita mempelajari hal baru seperti misalnya belajar main alat musik, melalui neuron otak akan mengirimkan sinyal secara terus menerus hingga akhirnya terbetuklah sebuah sambungan baru pada otak kita, sehingga ketika kita akan melakukan hal yang sama disuatu saat kita akan mudah melakukannya.

9.Kekurangan Oksigen Sebabkan Kerusakan Permanen Pada Otak
Setelah lima sampai sepuluh menit tubuh kita kekurangan oksigen, kita berpotensi untuk menderita kerusakan otak yang serius dan permanen. Saat 4 menit pertama kita tidak mendaptkan oksigen maka sel-sel otak akan mulai mati. Setelah 15 menit kekurangan oksigen maka kehidupan pun sudah hampir tidak mungkin berlanjut.

Baca Juga: 9 Mitos Umum Otak Manusia

Nah, itulah 9 Fakta Menarik Tentang Otak Manusia semoga dengan aritkel ini dapat menambah pengetahuan kita tentang organ tubuh yang paling penting dalam tubuh kita ini.
Semoga bermanfat...

0 komentar

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silakan berkomentar sesuai dengan topik. Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi oleh admin, jadi mohon maaf apabila ada komentar yang tidak bisa ditampikan karena menlanggar ketentuan blog ini.