9 Makanan Yang Dapat Menigkatkan Daya Tahan Tubuh Anda

Selama musim hujan anda menjadi lebih rentan jatuh sakit karena suhu berfluktuasi, dehidrasi, dan kurang tidur. oleh karena itu anda menjadi rentan terhadap beberapa penyakit yang biasanya datang tanpa diundang di musim hujan seperti, sakit tenggorokan, pilek, dan demam. Jadi mari kita tinggkatkan kekebalan tubuh kita untuk menghadapi musim hujan ini. Yang anda butuhkan adalah makanan yang dapat menigkatkan kekebalan tubuh secara alami. Berikut adalah 9 Makanan Yang Dapat Menigkatkan Daya Tahan Tubuh Anda :

9 Makanan Yang Dapat Menigkatkan Daya Tahan Tubuh Anda
1.Telur.
Telur dianggap sebagai makanan yang paling bergizi. Kuning telur mengandung vitamin A dan D, sedangakan putih telur kaya kan protein, yang dapatmembantu ketahan tubuh terhadap infeksi. Telur bisa dikonsumsi sendiri atau pun dicampur dengan makanan lainnya. Anda dapat memasaknya baik dengan cara direbus, oseng-oseng, goreng, ataupun dengan cara lainnya sesuai dengan selera anda, namun ingat telur yang dimasak lebih baik dari pada telur yang disajikan mentah.

2.Sayuran yang berwarna hijau tua.
Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, daun kelor, daun adas dan sebagainya, adalah sumber asam folat, zat besi, serat dan berbagai vitamin dan mineral.

3.Jagung manis.
Jagung manis kaya akan serat, vitamin B12 dan protein. Anda dapat memnyajikannya dengan cara direbus atau dibakar.

4.Ubi manis / Ubi jalar.
Ubi Manis memiliki kandungan vitamin A terbanyak jika dibandingkan dengan sumber nabati lainnya. Tanaman ini juga mengandung asam folat dan serat. ubi manis / ubi jalar ini dapat dikonsumsi dua kali seminggu dengan cara direbus maupun dibakar.

5.Kacang-kacangan.
Kacang-kacangan seperti almon, kenari, kacang tanah dll kaya akan kandungan energi, protein, antioksidan, vitamin, mineral dan asam lemak omega-3 yang membantu menigkatkan kekebalan. Omega-3 yang tidak hanya baik untuk jantung karena kandungan kolesterol baiknya, tetapi juga dapat membantu proses penyerapan kalsium di usus. Selama musim hujan, mengkonsumsi makanan kacang-kacangan bisa menjadi cemilan yang baik untuk anda, Namun demikian, Kacang-kacangan yang diproses secara alami tetap lebih baik ketimbang yang sudah banyak tersedia dalam kemasan.

6.Daun Kemangi.
Daun kemangi merupakan sumber yang kaya akan mineral penting seperti kalsium, kalium, seng, dan vitamin lainnya. Ia juga memiliki sifat anti kanker. Khsiatnya dapat menigkatkan pencernaan dan memberikan kekebalan terhadap baatuk dan memberi efek hangat.

7.Madu.
Madu merupakan suber gula alami yang dapat membantu menajaga usus tetap bersih dan sehat. Madu juga bisa digunakan sebagai penganti gula untuk teh dan kopi. Madu juga dapat dicampur degan bumbu dan rempah-rempah lainnya seperti, lada, jahe, dan kunyit untuk meredakan batuk.

8.Jahe.
Jahe dapat melegakan pernapasan ketika hidung anda tersumbat  saat anda menderita pilek. Caranya tumbuk atau hancurkan jahe lalu tambahakan kedalam minuman teh anda, juga bisa ditambahkan daun mint dan seditke perasan lemon.

9.Air.
Air dibutuhkan untuk menjaga suhu tubuhh dan mencegah tubuh anda dari dehidrasi. Dimusim hujan, jika anda terserang demam, batuk  atau meriang, anda perlu menigkatkan arupan air untuk membersiakan ginjal juga racun yang ada dalam tubuh. Dianjurkan untuk minum sebanyak 8-10 gelas air setiap hari.

Jangan Lewatkan: Hati-hati dengan Makanan Manis

0 komentar

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silakan berkomentar sesuai dengan topik. Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi oleh admin, jadi mohon maaf apabila ada komentar yang tidak bisa ditampikan karena menlanggar ketentuan blog ini.