Apa Readyboost Memberikan Pengaruh Besar Pada Kinerja PC

Apa Readyboost Memberikan Pengaruh Besar Pada Kinerja PC - Fitur yang satu ini memanfaatkan USB flash drive sebagai cache hardisk untuk menigkatkan kecepatan pembacaan disk. Fitur ReadyBoost adalah fitur yang memanfaatkan flash memory misalnya Usb Flashdisk, CompactFlash, SD Card, atau bahkan SSD internal guna meningkatkan kinerja PC.

Apa Readyboost Memberikan Pengaruh Besar Pada Kinerja PC

Memang secara teorinya ReadyBoost bisa memaksimalkan kinerja PC. Namun semuanya dikembalikan lagi ke spesifikasi dari PC yang anda miliki. Sebelum anda memanfaatkan Fitur Ready Boost untuk meningkatkan kinerja pc sebaiknya anda membaca dulu penjelasan singkat dibawah ini.

PC/Laptop anda akan optimal jika menggunakan ReadyBoost bila:

1.Flashdisk yang anda gunakan berkualitas bagus
Setiap flashdisk memiliki kemampuan dan kualitas kecepatan yang berbeda-beda. Biasanya Flashdisk dengan harga murah memiliki kecepatan yang rendah. Tentunya, Flashdisk jenis ini tidak cocok untuk digunakan ReadyBoost.

2.Kecepatan Hardisk komputer rendah
Jika hardisk komputer memiliki kecepatan rendah (< 7200 rpm) maka penggunaan ReadyBoost akan sangat disarankan, kerena perbedaannya akan lebih terasa. Tetapi jika hardisk sudah memiliki kecepatan 7200 - 10000 rpm pengaruh ReadyBoost tidak akan terlalu terasa signifikan. Apalagi jika anda menggunakan SDD yang kecepatannya lebih dari kecepatan flash memory, maka penggunaan ReadyBoost hanya akan menurunkan kinerja komputer atau laptop anda. Beruntung saat ini Windows sudah mampu mematikan readyboost secara deafault jika hardisk komputer terdeteksi bertipe SSD.

3.Port Flash Memori Berkecepatan Tinggi
Port flash memory yang digunakan harus port yang berkecepatan tinggi dibandingakan port lain yang tersedia. Misalnya saja jika anda menggunakan SD card untuk ReadyBoost, maka sebaiknya menggunakan internal card reader daripada eksternal card reader. Jika kamu menggunakan Flashdisk, pastikan anda langsung menancapkan ke port USB komputer dan tidak melalui USB hub.

4.Jumlah RAM kecil
Efek dari penggunaan ReadyBoost akan sangat terasa jika RAM komputer anda memiliki ruang yang terbatas. Contohnya, Windows 7 dengan RAM 1GB saat menggunakan ReadyBoost akan mengalami peningkatan performa yang signifikan dibandingkan dengan Windows 7 yang dijalankan pada kemampuan RAM yang lebih tinggi. Penyebabnya adalah karena kecepatan RAM lebih tinggi dari pada flash memory, jika saat ini PC anda telah memiliki RAM yang cukup luas, maka membiarkan cache disimpan dalam RAM adalah pilihan yang paling terbaik.

Baca juga: ReadyBoost Solusi untuk Mainkan Game dan Software Berat

Jika memang saat ini PC anda termasuk dalam kireteria yang diatas maka anda bisa Menjalankan ReadyBoost pada pc anda. Namun jika spesifikasi Pc/Laptop anda sudah cukup bagus maka sebaiknya anda tidak usah menggunakan fitur ReadyBoost.

Demikianlah, Apa Readyboost Memberikan Pengaruh Besar Pada Kinerja PC. Semoga bisa membantu.

0 komentar

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silakan berkomentar sesuai dengan topik. Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi oleh admin, jadi mohon maaf apabila ada komentar yang tidak bisa ditampikan karena menlanggar ketentuan blog ini.