Bahaya Lensa Kontak

Bahaya Lensa Kontak - Lensa kontak bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki ganguang penglihatan seperti mata minus. Apalagi bagi anda yang enggan menggunakan kacamata yang sering dianggap tidak praktis dan juga menguragi percaya diri. Namun dijaman sekarang ini lensa kontak bukan hanya digunakan sebagai alat bantu penglihatan tetapi lebih dari itu, lensa kontak sudah menjadi bagian dari gaya. Seiring perkembangannya lesa kontak kini memiliki variasi warna yang beragam dan penggunanya pun bukan hanya mereka yang memiliki ganguan kesehatan penglihatan.
Bahaya Lensa Kontak
Memang, sah-sah saja kita mengunakan lensa kontak sesuai denan kebutuhan kita. Tetapi ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti kebersihan lensa dan juga wadahnya. Jika tidak, masalah buruk bisa jadi akan menimpa mata anda. Hal ini bisa disebabkan akibat pemakaian yang cenderung melebihi dari 8 jam, bahkan ada sebaigan orang yang suka memakai lesa kontak ketiaka mandi ataupun tidur. Lalu apa dampak buruk yang bisa timbul akibat kebiasaan?

Kebiasaan buruk seperti memakai lesa kontak dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan ganguan infeksi yang disebut keratitis. Keratitis adalah peradangan yang terjadi pada kornea mata yang bisa menybabkan kebutaan.

Dalam sebuah penelitian mengungkapakan bahwa hampir dari sertiga pengguna lesa konntak mengaku pernah mengunjungi dokter untuk menyembuhkan ganguan ini.

Bukan hanya itu, sekita 8 dari 10 mengaku pernah membersikan lensa kontak meraka menggunakan air keran. Sekedar informsi untuk anda air keran ini mengandung jutaan mikro-organisme didalamnya. Tentu perilaku ini dapat menyebabkan resiko terkena infeksi.

Keratititis juga dapat timbul akibat dari goresan kuku ketika anda mengambil maupun menguluarkan lensa kontak anda

Berikut tips untuk menggunakan lensa kontak secara aman:
  • Cuci tangan dengan sabun di air mengalir kemudian keringkan sampai benar sebelum anda menyentuh lensa kontak anda.
  • Jangan gunakan lesa kontak ketika anda sedang tidur, mandi atau berenang.
  • Gunakan pembersih khusus untuk membersihkan lesa kontak anda. Tidak diajurkan menggunakan air keran.
  • Unutuk mencengah kekeringan pada lesa kontak anda ketika tidak digunakan. Pastikan anda menyipan lensa kontak dengan posisi cekung berada dibawah untuk memastiakan lesa kontak anda tetap terendam air lensa kontak.
Baca Juga :
Tips Menghindari Kerusakan Mata Ketika Liburan di Pantai.
Tips Menghindari Mata Lelah Akibat Terlalu Lama di depan Komputer

0 komentar

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silakan berkomentar sesuai dengan topik. Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi oleh admin, jadi mohon maaf apabila ada komentar yang tidak bisa ditampikan karena menlanggar ketentuan blog ini.