9 Alasan Kenapa Lari Bisa Bikin Anda Tetap Sehat

Benarkah berlari bisa bikin anda tetap sehat? Berlari tidak hanya bisa bikin bentuk tubuh anda ideal. Tetapi juga berpengaruh pada kebugaran anda secara keseluruhan, memperbaiki suasana hati, dan masih banyak manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dengan berlari. Berikut saya telah merangkumnya menjadi 9 alasan kenapa lari bisa bikin anda tetap sehat:

9 Alasan Kenapa Lari Bisa Bikin Anda Tetap Sehat
1.Lebih banyak membakar lemak, bahkan hampir dua kali lipat dari bejalan biasa.
Saat anda berlari anda akan membakar sekitar 800 kalori perjam, dan ketika anda berjalan biasa anda akan membakar sektitar 300 kalori perjam. Jika anda ingin mendapatkan jumlah pembakaran kalori yang sama dengan berlari, maka anda harus berjalan satu setengah kali lebih jauh dan dua kali lebih lama.

2.Menjaga berat badan agar tetap stabil.
Untuk setiap 1,5 km yang anda tempuh dengan berlari maka anda membakar 100 kalori. Itu artinya anda hanya membutuhkan sekitar 10 menit untuk membakar 100 kalori. Jika anda melakukannya secara rutin berat badan anda pun akan tetap terjaga.

3.Berlari menigkatkan hormon yang disebut YY, yang mampu menekan nafsu makan.
ketika kita berolah raga, mungkin akan membuat kita lapar untuk mengantikan kalori yang telah kita bakar. Tapi penelitian yang diterbikan The Journal of Obesiy mengungkapkan bahwa, "Para pelari menunjukan tingkat hormon ghrelin yang rendah, hormon inilah yang dikenal dapat merangsang nafsu makan, dan juga peningkatan kadar laktat gula darah, yang juga terbukti dapat mengurangi nafsu makan."

4.Menguatkan tulang.
Berlari dapat memperkuat tulang dan sistem muskuloskeletal, yang juga memperkuat sendi.

5.Memperbaiki pola tidur anda.
Menurut penelitan yang diterbitkan pada tahun 1983 oleh Home & Stuff,"Berlari memicu peningkatan suhu tubuh, dan penurunan suhu tubuh setelahnya dapat berefek baik untuk tidur anda. Berlari juga dapat mengurangi insomnia dengan menurunkan kecemasan dan gejala depresi."

 Bahaya Tidur Kurang dari 6 jam

6.Berlari secara teratur dapat meningkatkan stamina.
Seiring degan berjalannya waktu maka anda akan mampu berlari lebih cepat dan lebih lama. Dengan berlari rutin secara tidak di sadari anda sedang memperkuat otot-otot kaki anda, sehinga anda akan mampu berlari dengan lebih cepat dan lebih lama.

7.Menyehatkan kulit.
Berlari dan berkeringat akan menigkatkan produksi minyak alami pada kulit, yang akan menjaga anda tetap segar dan menyehatkan kulit anda.

8.Meningkatkan daya ingat.
Berlari dapat  mengurangi gejala dimensia. Anda akan menigkatkan memori anda dan juga mencegah dari resiko terkena penyakit Alzheimer.

9.Menigkatkan Mood.
Hanya dengan berlari selama beberapa menit maka otak anda akan mengeluarkan hormon 'endorphine' yang secara alami akan memnigkatkan mood anda.

Jangan Lewatkan: Inilah Manfaat Tidur Menyamping

0 komentar

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silakan berkomentar sesuai dengan topik. Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi oleh admin, jadi mohon maaf apabila ada komentar yang tidak bisa ditampikan karena menlanggar ketentuan blog ini.