Penyebab Hilangnya Artikel dari Serp Google

Penyebab Hilangnya Artikel dari Serp Google - Sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang blogger jika artikel hasil karya mereka bisa menempati posisi teratas di hasil pencarian mesin pencari (SERP) seperti Google, Bing, Yahoo, dan search engine lainnya. Untuk bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian ada beberapa faktor yang bisa menjadi penentunya hingga sebuah artikel dianggap layak untuk menempati posisi tersebut.

Penyebab Hilangnya Artikel dari Serp Google

Jika sebuah artikel sudah berhasil memenuhi faktor-faktor tersebut maka harapan untuk bisa tampil di urutan pertama mesin pencari akan semakin tinggi. Dan untuk bisa menempatkan artikel pada posisi yang terbaik di serp tentunya tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu satu malam. Kita perlu menerapkan trik-trik tertentu agar artikel kita 'tidak cuma numpang lewat' saat berada di urutan terbaik mesin pencari, tetapi sebaliknya artikel kita bisa tetap bertahan dalam posisi terbaik selama mungkin.

Banyak sekali blogger yang biasanya mengeluhkan artikel mereka tidak muncul di hasil pencarian Google, bahkan sebagian dari mereka ada yang mengalami postingannya hilang secara tiba-tiba dari mesin pencari, yang padahal sebelumnya sudah berhasil nangkring di halaman pertama.

Apa Penyebab Postingan Hilang dari Serp
Saat artikel anda hilang secara tiba-tiba dari hasil pencarian serp tentu saja itu bukanlah tanpa penyebab, dan sebaiknya anda segera mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya, karena jika dibiarkan bisa berdampak buruk untuk kelangsungan blog yang anda kelola, apalagi jika blog tersebut adalah tulang punggung utama anda untuk menghasilkan uang dari internet.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan hilangnya artikel atau postingan kita dari Google, atau bahkan tidak dapat di temukan sama sekali di hasil pencarian serp, mulai dari hukuman dari mesin pencari kepada artikel bersangkutan, atau pun karena adanya perubahan algoritma dalam menentukan ranking sebuah artikel di serp, untuk lebih jelasnya mari kita simak uraiannya dibawah ini:

1.Konten Kopi Paste yang sebabkan Duplikat konten
Ini adalah salah satu penyebab menurunnya ranking sebuah blog atau website di mesin pencari. Penyebabnya adalah karena adanya blogger lain yang melakukan full kopi paste pada artikel yang anda buat, atau tanpa melakukan sedikit pun revisi atau modifikasi pada artikel maupun judul.

Jika Google menemukan banyak artikel yang sama persis dengan artikel tersebut maka perlahan artikel asli pun akan mulai menurun rankinnya di serp Google dan mulai sulit untuk ditemukan di hasil pencarian, karena Google melihat adanya duplikat konten pada artikel tersebut.

Untuk itu sebaiknya anda harus berhati-hati dengan blogger-blogger 'nakal 'seperti ini, dan jika anda menemukan artikel anda telah di lakukan duplikasi (kopi paste) oleh blogger lain apalagi tanpa menyertakan link aktif ke artikel aslinya maka jangan segan untuk segera laporkan artikel tersebut ke Google DCMA, karena jika tidak maka akibatnya akan sangat buruk bagi artikel asli milik anda.

Google sendiri sangat menghargai hak cipta atas sebuah artikel, jadi jika suatu saat anda mengalami hal tersebut anda tinggal melaporkannya ke Google DCMA takedown, agar 'si pencuri konten' segera di tindak oleh Google.

2.Dilaporkan ke DCMA
Nah, kalau yang ini terjadi jika anda yang melakukan kopi paste terhadap konten milik orang lain. Ini terjadi saat anda menerbitkan sebuah artikel hasil copas dari blog milik orang lain. Tentu saja jika pihak sumber mengetahuinya mereka tidak akan terima dan akan melaporkan anda ke Google DCMA.

Jika anda menggunakan flatfrom Blogspot, maka risiko yang mungkin anda tanggung dari perbuatan mengkopi konten orang lain tanpa izin adalah, artikel yang dilaporkan akan dihapus oleh Google atau yang lebih parah lagi blog anda yang akan di hapus. Dan jika anda menggunakan platform selain Blogspot misalnya Wordpress maka posisi artikel akan di turunkan dari Serp Google.

3.Blog Masih Muda sehingga belum diindex Google

Jika anda mengalami masalah artikel tidak muncul di hasil pencarian Google, bisa jadi penyebabnya adalah karena blog anda masih baru dan belum di index oleh Google. Agar blog bisa muncul di hasil pencarian Google, tentu blog anda harus sudah terindex oleh Google, dan untuk bisa di index oleh Google memerlukan waktu, bisa dalam beberapa hari, beberapa minggu, atau beberapa bulan. Semuanya tergantung dari usaha anda.

Jika anda memang sudah melakukan cara cara mempromosikan blog yang dianjurkan oleh Google maka untuk segera masuk dalam index Google bukanlah masalah yang sulit lagi, tetapi jika anda hanya membiarkan blog anda apa adanya dan tidak melakukan upaya apapun untuk mengenalkan blog anda, maka mungkin waktu yang dibutuhkan bisa cukup lama, sampai Google benar-benar mengenali struktur blog anda.

Sebenarnya walaupun anda tidak melakukan upaya apapun agar blog anda terindex oleh Google pada akhirnya Google akan tetap mengindex blog anda. Jika blog sudah masuk kedalam index Google maka bukan lagi hal yang tidak mungkin untuk mendapati blog atau artikel anda muncul di hasil pencarian Google.

Untuk itu sebaiknya anda tidak usah khawatir jika memang blog anda masih baru, dan anda tidak bisa menemukan judul postingan anda di hasil pencarian mesin pencari, karena mungkin penyebabnya artikel anda ataupun blog anda belum terindex dengan baik di mesin pencari. Ada cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengetahui apakah blog anda sudah terindex atau belum. Begini cara nya:

Ketikan dikolom pencarian "site:nama_situs_anda.com" *tanpa tanda kutip

Jika pada hasil pencarian anda bisa menemukan blog ataupun artikel anda maka SELAMAT itu tandanya blog dan artikel anda sudah berhasil di index oleh Google. Bagaimana Mudah, kan?

4.Efek Google Honeymoon Sudah Habis
Ada istilah yang dinamakan Google Honeymoon, efek ini di berikan kepada blog-blog yang masih baru, dan jika blog anda terkena Google honeymoon maka artikel anda akan ada blog dihalaman mesin pencari walaupun anda tidak melakukan upaya apapun.

Seperti sudah di jelaskan diatas efek ini diberikan Google kepada blog-blog baru, dan efek ini pun tidak akan bertahan lama. Dan jika efeknya sudah habis maka bisa ditebak artikel bersangkutan pun tidak akan mampu mempertahankan posisi terbaiknya, yang kemudian judul postingan tersebut akan hilang dari hasil pencarian. Tapi tenang saja anda tidak usah khawatir karena memang itu hanyalah hadiah yang bersifat sementara dari Google untuk blog-blog baru agar bisa dikenal. Sehingga ketika efeknya habis postingan anda pun akan hilang entah kemana.

Karena perlu anda ketahui untuk bisa menduduki posisi terbaik itu tidaklah sederhana, dan memerlukan upaya agar blog kita bisa mempertahankan posisi terbaiknya di serp.

5.Blog Anda Terinfeksi Virus

Yang menjadi penyebab blog tidak muncul di serp Google adalah, karena bisa jadi blog anda terinfeksi virus yang berbahaya, karena seperti yang telah kita ketahui kalau Google itu merupakan mesin pencari yang terbesar di dunia, maka tidak heran jika Google sudah sangat canggih dalam mendekteksi virus yang terdapat pada sebuah blog.

Jika sebuah blog terdeteksi oleh Google mengandung virus yang berbahaya maka blog tersebut akan mengalami penurunan reputasinya di mata Google sehingga akan menghilang dari hasil pencarian.

Banyak jalan yang bisa membuat blog anda terinfeksi virus, tetapi pada umumnya adalah karena kekurang telitian adminnya sendiri seperti misalnya, mengganti kode-kode tertentu yang ada dalam template yang memang sudah mengandung bibit virus atau memasang widget yang sudah disisipi virus, hingga pada akhirnya virus tersebut akan bersarang di blog kita, dan menyebabkan reputasi blog kita semakin buruk di search engine.

Untuk menghindari hal itu sebaiknya kita selalu berhati-hati dan waspada ketika memasang tool pada blog kita yang melibatkan pihak ketiga baik yang bersifat gratis maupun berbayar. Karena kabarnya cukup banyak blogger yang mengalami hal tersebut.

6.Terkena Hukuman Penalty dari Google
Selanjutnya hal yang bisanya menjadi penyebab hilangnya artikel dari penelusuran adalah, karena blog kita terkena hukuman penalty dari Google. Penalty ini biasanya ditujukan untuk blog atau pun aktivitas blogging yang dianggap melanggar peraturan dan juga kebijakan Google, dan beberapa kasus yang biasanya menyebabkan hal ini adalah:

#1.Aktivitas yang dilakukan oleh admin memicu webspam dari Google, akibatnya artikel atau postingan anda tidak mau muncul di hasil pencarian atau di deindex oleh Google, bahkan bisa saja blog anda juga dimasukkan ke Google Sandbox sehingga artikel sulit ditemukan di mesin pencari, adapun tindakan yang bisa memicu terjadinya penalty ini adalah, membabibuta saat membangun backlink, artinya anda membangun backlink dalam jumlah yang sangat banyak dengan intensitas yang sering, jika anda sering melakukan hal tersebut ada baiknya mulai sekarang anda menghentikan kebiasaan tersebut, karena secara perlahan tapi pasti tindakan anda itu akan memicu webspam dari Google, yang pada akhirnya bukan keuntungan yang anda dapatkan tetapi malah blog anda kena penalty, yang akan membuat blog anda semakin sulit ditemukan di mesin pencari, atau bahkan blog anda dihapus oleh Google.

Baca juga: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

#2.Melakukan tindakan Black hat Seo, atau menggunakan cara-cara yang dilarang untuk menempatkan artikel anda di posisi terbaik hasil pencarian. Misalnya anda memasukkan terlalu banyak kata kunci kedalam artikel anda, hingga membuat pembaca sulit memahami apa yang dimaksud oleh tulisan anda, atau mungkin menyembunyikan kata-kata kunci agar tidak terlihat, dan aktivitas-aktivitas yang dilarang lainnya yang dengan tujuan untuk dapat mengelabui mesin pencari. Google dari hari ke hari kian cerdas dalam mendekteksi berbagai tindakan kecurangan. Ingat aktivitas seperti itu hanya akan merugikan blog/website anda dan membuatnya sulit muncul di hasil pencarian serp, atau bahkan menghilang sama sekali.

7.Artikel Anda Kalah Saing
Ini juga merupakan alasan mengapa artikel anda tidak muncul di hasil pencarian. Yaitu karena artikel anda tidak mampu bersaing dengan artikel dari blog lain, anda pun pasti sudah memahami kalau artikel dengan topik yang sama memiliki pesaing yang lebih dari satu, ketika semakin banyak artikel dengan topik yang sama satu dengan yang lainnya, maka tingkat persaingannya pun akan semakin ketat untuk judul artikel dengan topik tersebut.

Jika artikel anda kalah saing dari artikel yang di buat oleh blogger lain, maka artikel tersebut akan sulit untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari, untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya anda juga melibatkan seo pada setiap artikel yang anda buat baik seo onpage maupun offpage nya, dan semakin baik anda menerapkan teknik tersebut maka peluang untuk artikel anda muncul di hasil pencarian terbaik mesin pencari menjadi semakin terbuka.

8.Perubahan Algotitma Mesin Pencari

Google beberapa kali melakukan pembaruan untuk algoritma pencariannya, hal ini dilakukan untuk mengatasi hal-hal yang berkaitan dengan pencarian yang masih dirasa memiliki kekurangan dan juga untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan apa yang memang benar-benar dicari oleh pengunjung mesin pencari tersebut. Pembaruan algoritma ini sering kali mempengaruhi posisi artikel kita di serp, bisa jadi sebelum dilakukan pembaruan artikel kita mendapatkan posisi terbaik namun ketika telah terjadi pembaruan posisinya menurun atau bahkan menghilang. Ini terjadi jika ada ketidak sesuaian dengan aturan algoritma terbaru tersebut.

9.Menarget Keyword Musiman
Jika judul artikel anda menarget keyword musiman memang bisa jadi membuat artikel tersebut mudah ditemukan dimesin pencari, apalagi jika isu yang dibahas sedang banyak dibicarakan orang. Namun yang juga harus anda ketahui bahwa semakin populer sebuah topik maka tingkat persaingannya pun akan semakin sulit. Tidak menutup kemungkinan situs-situs yang sudah populer juga turut membidik keyword tersebut, dan mereka sudah memiliki reputasi yang baik di mesin pencari, bisa dipastikan artikel anda dengan keyword yang sama dari situs yang memiliki reputasi lebih rendah akan tergeser keposisi belakang dan menjadi sulit di temukan.

Sebenarnya masih banyak faktor-faktor yang lain yang menyebabkan blog hilang dari hasil pencarian, tetapi yang harus selalu kita ingat adalah selalu membuat konten yang memang di khususkan untuk pembaca dan juga menghindari tindakan-tindakan yang bisa memicu penalty dari mesin pencari Google. Jika anda selalu berhati-hati maka hal-hal seperti diatas bisa anda hindari, sehingga blog anda akan berumur panjang dan artikelnya bisa awet di posisi terbaik hasil pencarian.

Sekian dulu artikel Penyebab Hilangnya Artikel dari Serp Google yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silakan berkomentar sesuai dengan topik. Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi oleh admin, jadi mohon maaf apabila ada komentar yang tidak bisa ditampikan karena menlanggar ketentuan blog ini.